Subscribe Us

Header Ads

Daftar Harga Cincin Emas 1 Gram Terbaru oleh - cariuangcepat.net

Halo sahabat selamat datang di website cariuangcepat.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Daftar Harga Cincin Emas 1 Gram Terbaru, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Ada banyak pilihan berinventasi di jaman sekarang. Namun biasanya orang-orang cenderung takut berinvestasi karena memerlukan biaya yang cukup tinggi atau belum mengerti memadukan teknologi digital dengan cara kerja investasi tertentu. Namun ada satu jenis investasi yang sejak dulu sudah akrab dengan masyarakat kita, yakni investasi emas.

Investasi emas adalah salah satu jenis investasi yang cukup menarik untuk berbagai kalangan, termasuk karyawan dengan gaji kecil. Cukup simple dan terjangkau. Investasi emas bisa terbagi dalam beberapa bentuk, seperti nabung emas, emas batangan ataupun perhiasan Nah, kali ini kita akan membahas investasi dalam berbentuk perhiasan, khususnya cincin emas.

Cincin emas seringkali digunakan untuk keperluan pernikahan atau aksesoris. Untuk orang yang masih awam dan belum sadar investasi, cincin emas memang di pandang lebih sebagai aksesoris yang indah saja. Namun jika kita sudah sadar pentingnya berinvestasi, cicin emas akan lebih kita lihat sebagai investasi yang potensial dari sekedar fungsi untuk aksesoris.

Pasalnya harga cincin emas saat ini semakin meroket. Secaras tren jangka panjang pun, emas selalu naik harganya. Hal ini tentu membuat cincin emas semakin menggiurkan untuk menjadi media investasi untuk masa depan. Apakah Anda juga tertarik membeli cincin emas sebagai investasi?

Tapi, sebelum Anda memutuskan membeli emas ada baiknya mencari tahu harga, perhitungan potensi harga maupun jenis cincin emas itu sendiri. Karena ternyata cincin emas juga tersedia dalam berbagai jenis kadar kemurnian dan hal ini akan menentukan harganya juga. Yuk, langsung saja kita cari tahu lebih dalam berapa harga cincin emas saat ini dan macam-macam jenisnya!

Berapa Harga Cincin Emas per Gram-nya?

HARGA CINCIN EMAS PER GRAM

Transaksi emas di ukur dengan satuan gram dan harga pasarannya bisa sangat beragam. Berat 1 buah cincin bisa bervariasi, ada yang membutuhkan 1- 2 gram saja, ada pula yang membutuhkan emas sekitar 5 gram. Hal ini di sesuaikan kebutuhan dan preferensi masing-masing orang.

Untuk membeli cincin emas, setidaknya Anda perlu mengetahui harga emas saat ini supaya Anda bisa memperkirakan budget yang perlu di persiapkan. Biasanya, harga 1 gram emas sekitar Rp. 600.000-Rp. 800.000/ gram. Namun harga update per 7 Agustus 2020, harganya mencetak rekor dengan harga beli Rp. 1.083.000 dengan harga jual Rp. 964.000.

Harga cincin emas per gram-nya juga di pengaruhi oleh kandungan/ berapa karat emas yang ada pada cincin emas. Jika karatnya semakin tinggi, maka sudah bisa di pastikan bahwa harganya akan semakin mahal.Ada beberapa jenis kadar kemurnian emas misalnya emas dengan 15 karat, 18 karat, 22 karat, 23 karat maupun 24 karat. Nantinya, kadar emas ini akan mempengaruhi pada saat Anda membeli maupun menjualnya di kemudian hari.

Namun apa sih sebenarnya perbedaan yang signifikan antara kandungan kemurnian emas tersebut?

Supaya Anda bisa memilih dengan lebih bijak cincin emas seperti apa yang Anda butuhkan, Anda juga perlu mengetahui perbedaannya. Namun kali ini kita akan membahas emas dengan kadar 18 karat, 22 karat, 23 karat dan juga 24 karat. Berikut adalah penjelasan apa dan berapa harga cincin emas 22 karat, 23 karat dan 24 karat per 1 gramnya saat ini!

1. Cincin Emas 18 Karat

Emas dengan kadar 18 karat adalah emas dengan kemurnian emas sebanyak 75% atau disebut emas tua. Cincin yang berasal dari emas tua memiliki komposisi kadar emas lebih banyak dari pada logam campuran lainnya. Berbeda dengan emas muda yang memiliki kadar yang sebaliknya.

Biasanya cincin dengan kadar 18 karat digunakan untuk cincin pernikahan karena kuat dan bentuknya tidak mudah berubah. Harga jual emas 18 karat berkisar Rp. 599.000-Rp.855.930/ gram.

2. Cincin Emas 22 Karat

Emas 22 karat ini adalah emas yang memiliki tingkat kemurnian 91,6% dan di sisanya di campur dengan bahan logam lain seperti perak misalnya. Sebagai contoh, Anda membeli emas 22 karat sebesar 5 gram, maka kadar emas di dalamnya adalah 4,58 gram emas dan sisanya bahan campuran. Biasanya, cincin emas dengan kadar 22 karat paling banyak di cari karena harganya yang lebih murah di banding emas 24 karat.

Harga cincin emas 22 karat sebenarnya tidak selalu bisa menjadi patokan, karena akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Harganya bisa jadi turun dan juga naik seperti saat ini. Karena harga emas dunia juga bisa mempengaruhi harga emas di Indonesia.

Selain itu tingkat kelangkaan tambang emas di suatu wilayah juga bisa mempengaruhi harganya. Hal ini juga berlaku untuk emas dengan kadar 18 karat, 23 karat dan 24 karat. Namun jika berpatokan pada harga cincin emas 23 karat saat ini sekitar Rp. 790.000/gram. Bagaimana, Anda tertarik membelinya?

3. Cincin Emas 23 Karat

Emas dengan kadar 23 karat tentunya adalah emas yang kadar kemurniannya lebih tinggi dari emas 22 karat namun lebih kecil dari emas 24 karat, yakni sekitar 95,8% (kalkulasinya 23/24×100%= 95,8%) dan sisanya di campur dengan logam lain seperti perak atau nikel. Tergantung jenis emasnya, biasanya emas putih campurannya adalah perak, tapi jika emas kuning biasanya menggunakan perak sebagai bahan campuran.

Untuk harganya sendiri, harga cincin emas 23 karat berkisar Rp. 851.544/ gram. Perlu di ingat harga ini bisa berubah menjadi lebih murah ataupun menjadi lebih mahal, terutama secara jangka panjang.

4. Cincin Emas 24 Karat

Nah, untuk emas 24 karat atau di sebut juga emas murni adalah emas dengan kadar kemurnian paling tinggi di banding yang lain yakni 99,99%. Tidak ada campuran bahn lain selain emas di dalamnya. Tentu saja harganya akan lebih mahal dari pada emas dengan kadar di bawahnya.

Berbicara harga, saat ini harga emas 24 karat sekitar Rp. 1.083.000/ gram. Biasanya emas 24 karat di pakai untuk berinvestasi namun bukan dalam bentuk perhiasan melainkan emas batangan. Hal ini karena emas murni memiliki sifat lebih lunak dan mudah tergores sementara emas di bawah 24 di nilai bisa menjaga bentuknya lebih tahan lama karena campuran logam lain yang lebih padat.

Walapun demikian, ada saja yang menjual cincin 24 karat. Namun jika Anda ingin membelinya dalam bentuk batangan, Anda bisa membeli emas 24 karat di Pegadaian, Antam, dll.

Baca juga : 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Mau Investasi Emas

Tips Membeli Cincin Emas Terbaik

MEMBELI CINCIN EMAS UNTUK INVESTASI

Setelah mengetahui jenis kadar dan estimasi harganya, mungkin kita juga perlu mempertimbangkan tentang cincin emas yang seperti apa yang cocok kita beli? Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan sebelum melakukan pembelian cincin.

1. Mau Membeli Cincin dengan Jenis Logam Mulia Seperti Apa?

Ada beberapa jenis logam mulia yang di tawarkan saat Anda ingin membeli cincin emas. Misalnya, emas kuning, emas putih, palladium atau titanium. Bedanya apa?

Emas kuning adalah emas dengan warna kuning yang banyak diminati terdiri dari berbagai kadar seperti yang di jelaskan diatas. Beda lagi dengan emas putih, walaupun kadarnya sama namun warnanya lebih pudar dari emas kuning dan terkesan lebih modern. Sementara jenis cincin palladium mirip emas putih tapi teksturnya lebih padat dan tahan terhadap goresan. Terakhir, yakni cincin titanium merupakan logam yang harganya tidak terlalu mahal tapi cukup tahan lama.

Coba Anda fikirkan, tujuan Anda membeli cincin dan sesuaikan dengan bugdet Anda. Jika Anda memilih cicin dengan logam emas, maka pertanyaan penting selanjutnya adalah mengenai tempat pembelian.

2. Dimana Tempat Aman Untuk Membeli Cincin Emas?

Keamanan dalam membeli cincin emas sangatlah penting untuk menghindari opnum-opnum yang memalsukan emas. Untuk itu, alangkah lebih baik jika Anda membeli cincin emas di toko emas secara langsung dan memastikan keasliannya. Kenali kredibilitas toko emas dan pastikan jugabahwa emas yang Anda beli bersertifikat resmi sehingga akan memudahkan Anda dalam penjualan di kemudian hari.

3. Kira-kira Bagaimana K2WP Emas yang ingin Anda Beli?

K2WP adalah Karat (carat), Kemurnian (clarity), Warna (color), dan Potongan (cut). Hal ini perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli emas, supaya tidak menyesal dikemudian hari. Mengenai kemurnian, karat dan warna sudah di bahas seperti pada penjelasan di atas.

Namun untuk potongan/model (cutting) Anda perlu melihatnya secara langsung atau bisa memproyeksikan dulu melalui browsing di internet. Ada beberapa bentuk cutting cincin, seperti oval, pear, marquise, emerald cut dll.Jangan lupa, Anda juga perlu mempertimbangkan berat cincin emas (berapa gram) yang ingin Anda beli karena akan berhubungan dengan budget yang Anda perlukan untuk membelinya.

Baca juga : 10 Alasan Emas Adalah Bentuk Investasi Terbaik

4. Bagaimana Style Batu Berlian yang di inginkan?

Selain cutting, sebenarnya ada bahan lain yang biasanya disertakan dalam sebuah cincin emas. Biasanya hal ini juga bisa mempengaruhi harganya, yakni berlian. Anda juga mungkin perlu mempertimbangkan style berlian seperti apa yang Anda inginkan untuk menghiasi cincin emas. Ada beberapa style berlian yang biasanya di taruh dalam sebuah cincin emas seperti :

  • Bezel Style, yaitu cincin dengan batu berlian yang di dudukan di atas logam mulia, sehingga terkesan lebih menonjol.
  • Prong Style, yakni cincin dimana terdapat cakar logam mulia yang mencengkram batu berlian yang didudukan di atas logam mulia. Mirip dengan bezel, namun biasanya prong style memiliki batu berlian yang cukup besar.
  • Pave Style, yakni cincin dengan batu berlian kecil yang tertanam dalam logam mulia.
  • Tension Style, yakni cincin denhan kesan batu berlian yang berdiri dan ditahan oleh logam mulian di sisi yang berlawanan.

Penutup

Banyak sekali pilihan cincin emas yang tersedia di pasaran. Mulai dari jenis kemurniannya, warnanya, hingga model/cuttingnya serta batu berlian yang mempercantik tampilannya di antara jari-jari Anda. Cincin emas juga tidak hanya bisa di jadikan perhiasan namun juga investasi jangka panjang. Anda bisa bergaya, sekaligus berinvestasi dengan membeli cincin emas.

Emas memang menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berinvestasi. Cincin emas juga realistis untuk di beli bagi kita yang ingin mulai berinvestasi, bahkan karyawan dengan gaji minim. Namun demikian Anda tetap perlu mempertimbangkan tentang karat, cara membelinya dan soal juga budget yang Anda miliki. Bagaimana, semakin tertarik membeli cincin emas?

Itulah tadi informasi mengenai Daftar Harga Cincin Emas 1 Gram Terbaru dan sekianlah artikel dari kami cariuangcepat.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments